Jenis Jenis Gaya Renang


Jenis Jenis Gaya Renang –¬†Berenang merupakan olahraga yang menyehatkan dan juga menyegarkan. Namun berenang itu tidak hanya sekedar masuk kolam renang, akan tetapi ada beberapa gaya yang biasanya dilakukan para perenag. Baik perenang amatir maupun perenang yang profesional.

Berikut beberapa gaya dalam berenang :

Renang Gaya Bebas

Renang Gaya Bebas merupakan gaya renang paling umum digunakan. Gaya ini mudah dipelajari dan termasuk gaya renang paling cepat. Jika kamu ingin berenang dengan cepat, kamu wajib mempelajari gaya ini.

Gaya bebas dilakukan dengan cara posisi badan bagian depan menempel pada permukaan air. Posisikan badan lurus, lalu gerakan tangan mengayuh kedepan dan kaki menendang-nendang air.

Gaya renang ini merupakan gaya yang meniru perilaku hewan saat berenang. Contohnya saja anjing, kucing, kadal dan lainnya. Kalau diperhatikan dengan seksama, binatang-binatang tersebut menggerakan kaki dan tanganya secara simultan, dan itu juga yang dilakukan oleh manusia ketika berenang dengan gaya bebas.

Pernafasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan cara menoleh ke kanan atau kiri ketika lengan berada di atas sebelum masuk ke air. Tentu ini berbeda dengan yang dilakukan oleh binatang. Binatang tidak memerlukan pengambilan nafas karena gaya berenang mereka memposisikan di luar air.

 

Renang Gaya Dada / Katak

Renang Gaya Dada / Katak adalah sebuah gaya renang yang meniru posisi katak ketika sedang berenang. Gaya ini cenderung lebih lambat dibanding gaya bebas. Namun gaya ini lebih rileks dan santai, cocok digunakan ketika kamu ingin berenang dengan santai di dalam air.

Renang gaya dada memposisikan tubuh bagian depan menempel ke permukaan air seperti gaya bebas. Bedanya, gerakan tangan dan kaki menyerupai gerakan katak ketika berenang.

Posisi tangan berada di depan kepada dengan kedua telapak tangan diluruskan dan direkatkan seperti posisi orang sedang berdoa. Lalu kedua tangan dibuka ke luar dan ditarik ke belakang. Ketika tangan sedang bergerak maka kaki hanya diam, begitu juga sebaliknya.

Posisi kaki lurus, ketika tangan sudah selesai bergerak, maka kaki digerakan ke arah dalam dengan telapak kaki didekatkan namun jangan sampai menempel. Gaya ini juga cukup mudah dipelajari bagi pemula.

 

Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung merupakan gaya renang paling unik diantara semua gaya. Karena dalam renang gaya punggung, yang menempel pada permukaan air bukanlah tubuh bagian depan melainkan tubuh bagian belakang (punggung).

Gaya punggung merupakan kebalikan dari gaya bebas. Renang gaya punggung dilakukan dengan cara mengayuhkan tangan ke belakang dan kaki menendang ke arah air.

Gaya renang ini lebih sulit dilakukan dibanding gaya bebas dan gaya dada. Kalau kamu menggunakan gaya ini, kamu harus hati-hati, sebab kamu tidak bisa melihat dinding kolam.

 

Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu merupakan pengembangan dari renang gaya dada. Gaya ini adalah gaya renang tersulit. Sampai detik ini saya pun belum bisa melakukannya, tapi kalau atlet renang sih biasanya bisa menggunakan gaya ini.

Nama lain dari gaya kupu-kupu adalah gaya lumba-lumba. Disebut demikian karena perenang melompat seperti lumba-lumba ketika muncul di permukaan.

Renang gaya kupu-kupu dilakukan dengan cara mendorong tubuh ke atas dengan cepat menggunakan bantuan tangan. Gaya renang ini merupakan gaya renang tercepat bahkan melebihi cepatnya gaya bebas. Namun, untuk menggunakan gaya kupu-kupu membutuhkan lengan yang kuat.

Berenang tidaklah sulit, kalau kamu kesulitan untuk berenang, kamu bisa ikut kursus renang yang biasanya ada di tiap kolam renang. Kamu juga bisa menggunakan alat bantu berupa papan seluncur.